Pandangan Dave Kasper Atas Bergabungnya Andik Vermansyah di Sesi Latihan DC United

Andik Vermansyah - 620x350

General Manager DC United, Dave Kasper, berkeinginan untuk terus mencari bibit-bibit pesepak bola di seluruh dunia yang dibutuhkan klub yang berlaga di Major League Soccer ini. Pasalnya, hal ini sejalan dengan niat salah satu pemilik baru, Erick Thohir, yang berkeinginan mentransformasi DC United sebagai merek dagang internasional.


Tak butuh waktu lama bagi DC United untuk merealisasikan target barunya tersebut. Pengangkatan Kurt Morsink pada medio Agustus sebagai pencari bakat pemain di tubuh DC United menjadi langkah awal.


Langkah berikutnya terkait globalisasi DC United terjadi saat pemain muda Indonesia, Andik Vermansyah, diundang untuk mengikuti sesi latihan bersama DC United yang dimulai pada Senin (10/9). Andik akan berlatih bersama para punggawa klub yang berdomisili di Washington DC ini selama dua pekan.


"Andik berkesempatan untuk berlatih dengan tim utama DC United. Ini menjadi kesempatan baik bagi kami untuk mengevaluasi kualitas yang dimiliki Andik," kata Dave Kaspar, Kamis (6/9).


"Asia merupakan pasar yang menghasilkan banyak pemain berkualitas. Ini adalah area yang menjadi fokus kami. Terdapat banyak pasar di Asia yang berkembang pesat," lanjut Dave.


Ini bukan pertama kalinya DC United menyeleksi pemain-pemain keturunan Asia. Maklum, tahun lalu DC United mengirim para pencari bakat ke Jepang. Bahkan Kasper pun pernah melakukan perjalanan ke China untuk mengevaluasi bakat yang dimiliki para pesepak bola Negeri Tirai Bambu.


Dave Kasper pun menolak anggapan terkait minimnya postur Andik bakal menutup peluangnya untuk berlaga di Major League Soccer. Maklum, dengan tinggi yang hanya 162 cm, Andik diprediksi bakal kesulitan bertarung dengan para bek yang berpostur tinggi besar.


"Terdapat banyak pemain di MLS yang berpostur tak besar, namun berpenampilan sangat baik. Contohnya, pemain kami, Christian Gomez. Anda harus berpikiran terbuka terkait hal ini," tambah Kasper.


Optimisme Kasper terlihat wajar. Mengingat kiprah Andik Vermansyah pernah diganjar pujian oleh beberapa pelatih ternama. Seperti arsitek Los Angeles Galaxy, Bruce Arena, dan manajer Internazionale Milan, Andrea Stramaccioni. Buntutnya, media ternama, ESPN Soccernet, memasukkan nama Andik Vermansyah dalam daftar Sepuluh Pemain Asia yang diprediksi bakal bersinar pada 2012.


Andik Vermansyah direncanakan mendarat di Washington pada Senin (10/9), dan bakal berlatih berstatus pemain tamu dengan DC United hingga 22 September.