Hasil Pertandingan: D.C. United 1-0 New York Red Bulls

Nick DeLeon - DL





D.C. United berhasil meraih kemenangan tipis 1-0 atas New York Red Bulls dalam laga leg kedua semifinal Wilayah Timur yang sempat ditunda sehari akibat Topan Sandy di Red Bull Arena, Kamis (8/11). Gol semata wayang rookie Nick DeLeon pada menit ke-88 memastikan United lolos ke final Wilayah Timur dengan skor agregat 2-1.


Jika semifinal leg pertama berlangsung liar, maka jalannya leg kedua dipenuhi momen dramatis dalam pertandingan paling gila dan dramatis yang pernah terjadi di babak playoff sepanjang sejarah MLS. Dua pemain mendapat kartu merah serta tendangan penalti yang telah menghasilkan gol harus diulang dan gagal di kesempatan kedua!


Kedua tim saling jual beli serangan demi mencetak gol cepat di babak pertama. Namun, baik New York maupun DC gagal memecah kebuntuan hingga paruh pertama usai karena kiper kedua tim, Luis Robles dan Bill Hamid, tampil luar biasa.


Kekacauan mulai terjadi di babak kedua. Hamid terpaksa mengakhiri laga lebih awal karena mendapat kartu merah dari wasit Mark Geiger usai menjatuhkan Kenny Cooper di kotak terlarang. Pelatih kepala DC, Ben Olsen, terpaksa mengganti Branko Boskovic yang bermain cukup baik dengan kiper cadangan, Joe Willis.


Cooper yang menjadi algojo sukses mencetak gol dari titik putih. Namun, tendangan penalti harus diulang karena Thierry Henry dan Tim Cahill sudah masuk kotak terlarang sebelum bola ditendang. Di kesempatan kedua, tendangan Cooper ke pojok kiri gawang justru berhasil ditepis oleh Willis!


Enam menit berselang giliran Rafael Marquez diusir keluar lapangan setelah mendapat kartu kuning kedua usai melanggar Chris Pontius, sehingga kedua tim harus bermain dengan 10 orang.


Ketika laga akan berakhir imbang tanpa gol, DeLeon muncul sebagai pahlawan United. Setelah melepaskan diri dari kawalan pemain belakang New York, DeLeon kemudian melepaskan tendangan mendatar ke tiang jauh yang tak bisa dijangkau Robles.


Hasil ini membuat New York harus mengakhiri musim di semifinal Wilayah untuk yang ketiga kali secara beruntun. Sementara itu, DC berhak melaju ke final Wilayah Timur untuk yang pertama dalam enam tahun dan akan menghadapi Houston Dynamo. United akan bertandang ke markas Houston, BBVA Compass Stadium, terlebih dahulu pada Minggu (11/11).